Di Taiwan, Ada Kelopak Mata Wanita Bersarang Lebah

Rasa sakit pada mata membuat He (29) memeriksakan matanya ke rumah sakit. Bukan infeksi bakteri atau penyakit lainnya, dari pemeriksaan itu diketahui bahwa rasa sakit yang dirasanya muncul akibat empat ekor lebah kecil yang bersarang di kelopak matanya.

“Saya melihat sesuatu yang mirip dengan kaki serangga. Saya tarik ke bawah mikroskop perlahan tanpa merusak tubuh [lebah],” ujar Kepala Divisi Optalmologi Fooyin University Hospital, mengutip Business Insider.

Serangga ini kemudian diidentifikasi sebagai sweat bees. Jenis lebah ini tak menyerang, mereka hanya tertarik pada keringat manusia.

Lebah ini berukuran sangat kecil. Ketertarikan lebah pada manusia muncul atas kebutuhannya untuk memperoleh cairan dan garam. Tak heran jika lebah tertarik bersarang di dalam mata He. Dari dalam mata, lebah bisa mendapatkan asupan dari saluran air yang ada di dalamnya.

He menduga empat ekor lebah ini masuk ke matanya saat perempuan asal Taiwan ini melongok makam sanak saudaranya.

“Saya mengunjungi dan membersihkan makam sanak saudara bersama keluarga saya. Saya berjongkok dan mencabuti rumput,” kata He.

Awalnya, He hanya merasa ada kotoran yang masuk ke dalam mata. Kala itu, He berinisiatif untuk membersihkannya dengan air. Namun, bukan bersih yang didapat, dia justru merasakan perih pada bagian mata dan air mata yang terus keluar.

Beruntung He tidak mengucek mata saat timbul rasa sakit. Gosokan hanya akan menimbulkan kematian lebah di dalam mata dan menimbulkan masalah yang lebih serius.

Comment